Kamis, 16 Januari 2014

OSGI

Diposting oleh tya lolita vertika di 17.23
OSGi merupakan suatu layanan untuk membuka jembatan dari berbagai jalan. Maksudnya adalah OSGi merupakan suatu teknologi dimana dapat menggabungkan berbagai fungsi dalam satu tujuan atau aplikasi atau suatu cara untuk menggabungkan berbagai bagian-bagian dimana bagian-bagian tersebut telah menjadi sebuah aplikasi yang dapat digunakan dengan berbagai macam kegunaan. Sebenarnya teknologi ini berawal dari suatu pemikiran bagaimana cara mengubah program tanpa membongkar coding. Kemudian dari sanalah teknologi ini mulai dikembangkan dalam bahasa pemrograman mulai dari instalasi, jalannya program, update dan sampai uninstall tanpa perlu memperbarui coding. Manfaat dalam penerapan OSGi ini adalah:
•    Programmer dapat mengupdate atau mengupgrade 
codingnya dengan mudah. Misalnya programmer membuat aplikasi dimana terdapat bug yang harus ditambal, programmer ini tidak perlu melakukan pengkodingan ulang dan mengganti aplikasi yang lama dengan aplikasi baru yang memakan waktu dan biaya yang besar untuk menambalnya (patching). Seperti cara inject (suntik) ke dalam program yang telah dibuat. Dan ini tidak merubah struktur program dan kinerja program tersebut.
•    Dengan teknologi OSGi dapat menyatukan berbagai fungsi di dalam aplikasi. Misalnya seperti plug-in yang dapat menambahkan fungsi dalam aplikasi.
•    Mudah dalam penerapan, terutama bagi tim yang membuat aplikasi tentunya tugas mereka berbeda. Ada yang membuat desain antar muka atauGUI, ada yang membuat 
coding jalan softwarenya, ada yang membuat keamanannya, dan lain sebagainya. Nah dari semua coding yang telah dibuat ini kita dapat satukan dengan dan dibungkus dari komponen-komponen OSGi ini.
•    Efisiensi biaya, dalam hal ini untuk pengembangan sebuah software dapat menekan biaya yang dikeluarkan dalam pemeliharaan software.

Implementasi OSGi
Teknologi OSGi sudah sangat banyak dikembangkan untuk berbagai macam keperluan dalam sehari hari maupun di bidang teknologi informasi dan industri serta di bidang ilmu komputer.
•    Dalam kehidupan sehari-hari
Dikembangkan untuk mengendalikan alat-alat elektronik dalam rumah tangga dengan internet, yaitu dengan menghubungkan berbagai framework OSGi ini untuk mengendalikan alat-alat rumah tangga yang bersifat elektronik. Hal ini dilakukan dengan berbagai protocol network yaitu Bluetooth, uPnP,HAVi, danX10. Dengan bantuan Jini dan standart OSGi dari sun microsystem yaitu JavaEmbedded Server. Teknologi ini dinamakan home network dan Jini adalah salah satu standart untuk pembuatan home network yang berbasis Java.
•    Teknologi dan industri
Dalam hal ini pengembangan OSGi dalam teknologi dan industri adalah untuk otomatisasi industri. Seperti otomatisnya sistem dalam gudang yang dapat meminta dalam PPIC untuk mengadakan bahan baku, dan masih banyak yang lain.
•    Ilmu Komputer
Dalam ilmu Komputer ini sangat banyak pengembang yang memanfaatkan teknologi OSGi ini. Dari surfing di internet banyak yang mengulas tentangPemrograman Java yang mengapdopsi teknologi OSGi ini. Salah satu contoh adalah knopflerfish merupakan framework untuk melakukan OSGi didalamprogram Java. Dan juga eclipse IDE merupakan OSGi framework yang dikembangkan oleh eclipse dan berbasis GUI. Dan masih banyak juga dalamserver serta program-program lain yang mengembangkan teknologi OSGi ini.
 
Adapun siklus hidup OSGi yang digambarkan dibawah ini:
Sedangkan Sistem Layer OSGi, sebagai berikut:


Arsitektur OSGi
Teknologi OSGi adalah seperangkat spesifikasi yang mendefinisikan sistem komponen dinamis untuk Java. Spesifikasi ini memungkinkan suatu model pengembangan aplikasi dimana terdiri dari banyak perbedaan komponen. Spesifikasi yang memungkinkan komponen OSGi untuk menyembunyikan implementasi dari komponen lain saat berkomunikasi melalui layanan, yang merupakan objek yang secara khusus dibagi antar komponen.
OSGi adalah teknologi pertama yang benar-benar berhasil dengan sistem komponen yang memecahkan banyak masalah nyata dalam pengembangan perangkat lunak. Teknologi OSGi diciptakan untuk sebuah lingkungan perangkat lunak kolaboratif.

Struktur OSGi
Struktur OSGi digambarkan melalui model layar (layer) yang berlapis-lapis, sebagai berikut:


Spesifikasi OSGi
Spesifikasi OSGi membutuhkan referensi spesifikasi implementasi untuk masing-masing aspek. Namun, karena spesifikasi pertama selalu ada perusahaan komersial yang telah menerapkan spesifikasi serta implementasi open source. Saat ini, terdapat 4 open source implementasi dari kerangka dan terlalu banyak untuk menghitung implementasi dari layanan OSGi. Industri perangkat lunak yang terbuka telah menemukan teknologi OSGi dan semakin banyak proyek artefak menyampaikan sebagai kumpulan.

Spesifikasi OSGi secara matang dan komprehensif memberikan model komponen yang sangat efektif melalui API. Mengkonversi monolitik atau plugin yang ditanam untuk sistem berbasis OSGi hampir selalu memberikan peningkatan besar dalam keseluruhan proses pengembangan software.

OSGi spesifikasi yang dimulai pada tahun 1998 dan ditujukan untuk pasar otomatisasi rumah, berusaha untuk memecahkan masalah dan bagaimana membangun aplikasi dari komponen-komponen independen. Dalam dekade terakhir ini, industri perangkat lunak secara mendasar berubah karena ledakan di proyek sumber terbuka. Sepuluh tahun yang lalu, aplikasi sebagian besar terdiri atas kode yang ditulis secara khusus. Hari ini, sebagian besar sebagian besar perangkat lunak open source pengkabelan atas artefak yang sering tidak dirancang untuk bekerja bersama-sama. Ini adalah masalah yang sesuai dengan OSGi yang dirancang untuk memecahkannya. Banyak proyek mengadopsi spesifikasi OSGi karena mereka melihat bahwa OSGi dapat berfokus pada masalah nyata dan tidak terlalu khawatir tentang infrastruktur, serta menjadi lebih mudah untuk digunakan dalam proyek lainnya.


Referensi Lain:
http://www.osgi.org/

0 komentar:

Posting Komentar

 

*Tya Lolita Vertika* Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos